Trending

Ubuntu

 

Pengertian

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasis Debian. Ubuntu didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas dengan sumber terbuka yang dirilis pada tanggal 20 Oktober 2004. Secara resmi, Ubuntu dirilis dalam tiga edisi yang berbeda berdasarkan fungsinya. Yaitu Desktop (untuk komputer pribadi), Server (untuk server dan komputasi awan) dan juga Core (untuk perangkat IoT dan robot). Semua edisi Ubuntu dapat dijalankan di komputer atau mesin virtual saja.

Kelebihan

-Open source dan gratis – Artinya pengguna dapat menggunakan Ubuntu secara gratis tanpa biaya sepeser pun dan bahkan pengguna dibebaskan dalam mengubah kode sumbernya untuk keperluan pribadi.

-Mudah digunakan – Mungkin banyak sekali pengguna komputer yang beranggapan jika sistem operasi yang berbasis Linux ini membutuhkan keahlian khusus dalam mengoperasikannya. Tetapi faktanya, terdapat beberapa distribusi Linux yang didesain supaya bersifat user friendly. Salah satu di antaranya termasuk Ubuntu sendiri.

-Keamanan kuat – Ketika berbicara mengenai keamanan di dalam sistem operasi, tentu kita tidak bisa menafsirkan secara pasti “apakah sistem ini aman atau tidaknya dari virus”. Namun dalam kasus Ubuntu berbeda lagi, mengingat sistem operasi ini memberikan Firewall dan proteksi virus yang kuat. Bahkan pengguna Ubuntu tidak memerlukan aplikasi tambahan seperti antivirus.

-Dukungan yang luas – Dikarenakan Ubuntu bersifat open source, maka tidak heran jika banyak dukungan dari berbagai komunitas yang siap membantu pengguna jika terdapat permasalahan. Adapun beberapa dukungan yang dapat pengguna akses. Di antaranya adalah Ask Ubuntu atau LinuxQuestions.

-Dapat di kustomisasi – Dengan kata lain, pengguna dapat memilih dari beragam desktop Environment yang tersedia. Bahkan pengguna juga dapat mengaturnya supaya terlihat seperti Windows atau sistem operasi lainnya yang diinginkan.

-Terdapat beberapa jenis Ubuntu – Terdapat beberapa macam jenis dari Ubuntu yang memiliki karakteristik tersendiri. Mulai dari Kubuntu, Edubuntu, Xubuntu, Lubuntu, Ubuntu Server dan masih banyak lagi.

-Mendukung beberapa software di dalam Windows – Di dalam Ubuntu juga mendukung beberapa software layaknya Windows. Di antaranya adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, VLC, hingga LibreOffice.

-Memiliki layanan Thunderbird – Sistem operasi ini juga memiliki fitur yang bernama Thunderbird, di mana berfungsi untuk memberikan pengguna akses ke email seperti Exchange, Gmail, Hotmail dan lain sebagainya.

-Minimnya spesifikasi yang dibutuhkan perangkat – Kita tahu bahwa dalam menjalankan sistem operasi Ubuntu tidak memerlukan spesifikasi perangkat yang tinggi. Misalnya dalam segi hardware, minimal profesor 700MHz, RAM 512Mb dan ruang penyimpanan 5GB.

Kekurangan

-Aplikasi terbatas – Meskipun beberapa software Windows telah mendukung pada sistem operasi ini, namun tetap saja hanya sebatas itu saja.

-Kompatibilitas software dan hardware – Terkadang dalam beberapa kondisi tertentu, terdapat driver yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini mungkin dikarenakan hardware tidak teridentifikasi.

-Banyak game yang tidak mengesankan – Memang terdapat beberapa judul game yang tersedia untuk sistem operasi berbasis distribusi Linux, tetapi pada dasarnya sistem operasi ini tidak didesain untuk penggemar game.

Daftar Pustaka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak