Trending

Windows 11

 

Pengertian

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft, akhirnya meluncurkan secara resmi sistem operasi komputer terbaru mereka. Adalah Windows 11, suksesor Windows 10 yang diumumkan ke publik pada 24 Juni 2021. Kemunculan Windows 11 ini sekaligus menjawab teka-teki mengenai masa depan sistem operasi Windows.

Pasalnya, Insinyur Senior bagian Pengembangan Software Microsoft, Jerry Nixon, pada 2015 mengatakan bahwa Windows 10 adalah versi terakhir dari produk sistem operasi Microsoft. Windows 10 disebut bakal menjadi sebuah layanan yang secara periodik mendapatkan pembaruan.

Namun, kenyataan yang terjadi adalah, Windows 10 segera menemui akhir dengan kehadiran Windows 11 sebagai suksesornya. Dalam unggahan gambar yang telah beredar di internet, ada satu hal yang kentara berbeda antara Windows 10 dan Windows 11.

Hal itu adalah logo yang dimiliki keduanya. Jika Windows 10 menganut susunan empat kotak yang disorot dari sudut miring, kini Windows 11 punya sorotan lurus ke depan. Sehingga tampilan logo Windows 11 flat alias datar.

Namun, bukan logo saja yang membuat Windows 11 terlihat lebih segar daripada pendahulunya itu. Beberapa fitur baru juga ditambahkan buat sistem operasi yang mendukung 110 bahasa ini.

Spesifikasi Minimum Komputer Windows 11

-Prosesor: 1 GHz ke atas dengan 2 core atau lebih, 64 bit; bisa juga SoC

-RAM: 4 GB

-Ruang simpan: 64 GB atau lebih

-Sistem firmware: UEFI, mendukung secure boot

-TPM: Trusted Platform Module versi 2.0

-Kartu grafis: Kompatibel dengan DirectX 12 atau WDDM 2.x

-Tampilan: Layar 9 inci ke atas dengan resolusi 720p, warna 8 bit

-Koneksi internet: Akun Microsoft dan koneksi internet dibutuhkan untuk penyiapan Windows 11

Beberapa Fitur-fitur di Windows 10 :

1. Fitur Multitasking

Salah satu fitur unggulan dari Windows 11 adalah Snap Layouts. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan. Nah, Snap Layouts ternyata didukung dengan fitur multitaksking tersembunyi yakni Alt+Tab dan Title bar Windows Shake.

2. Pengaturan volume suara individual untuk masing-masing aplikasi di desktop

Windows 11 kini mengijinkan pengguna untuk mengatur volume suara dari setiap aplikasi yang dibuka di desktop. Misalnya, Anda membuka aplikasi Broswer Chrome dan Media Player bersamaan. Nah, kedua aplikasi tersebut kini output suaranya bisa diatur masing-masing.

3. Opsi Windows Backup

Di menu Settings Windows 11 kini bisa ditemukan opsi Windows Backup. Fitur ini bisa ditemukan di Settings > System > Storage > Advance Storage Settings > Backup options. Gunanya Anda bisa secara langsung melakukan sinkronisasi folder ke ruang penyimpanan awan One Drive.

4. Ijin akses aplikasi yang berjalan di Background

Windows 11 kini memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi apa saja yang berjalan di background yang memerlukan ijin. Ijin tersebut termasuk akses lokasi, kamera, aktivasi suara, mikrofon, kontak, kalender, dan masih banyak lagi.

5. Fitur Clipboard History

Clipboard di Windows 11 kini mendapat tambahan fungsi Emoji, GIF, Kaomoji, Symbols, dan masih banyak lagi. Untuk mengaksesnya Anda bisa ke Settings > System > Clipboard. Saat membuka notepad, untuk mengakses Clipboard tersebut bisa dengan menekan tombol pintas Windows + V.

Daftar Pustaka

-Mengenal Windows 11: Spesifikasi Minimum, Fitur Baru, dan Cara Install (carisinyal.com)

-11 Fitur Tersembunyi di Windows 11 yang Wajib Diketahui (yangcanggih.com)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak