Trending

CentOS

 

Pengertian

CentOS adalah singkatan dari Community ENTerprise Operating System, sebuah Linux distribution (distro) yang bisa digunakan untuk cloud server, komputer desktop, maupun workstation.

Sebenarnya, CentOS adalah distro Linux berbasis Red Hat Enterprise Linux atau RHEL yang dikenal sebagai platform Linux berbayar milik Red Hat. Karena berlisensi, Anda perlu merogoh kocek untuk menggunakan RHEL.

Pun demikian, CentOS adalah sistem operasi yang bersifat open source dan gratis. 

Kelebihan

-Gratis – CentOS adalah alternatif terbaik bagi Anda yang ingin merasakan distro Linux enterprise ala Red Hat, tapi enggan membayar sejumlah biaya.

-Kompatibel dengan RHEL – CentOS adalah duplikat dari RHEL. Otomatis, apapun yang bisa dilakukan di RHEL di atas kertas juga bisa diimplementasikan di CentOS.

-Kinerja Gesit – CentOS telah dioptimasi sedemikian rupa agar bisa menghadapi beban kerja sistem yang berat, tapi tetap ngebut dan stabil.

-Hemat Resource – Dibanding distro Linux lain seperti Ubuntu, ternyata CentOS tidak memakan resource sistem terlalu banyak. Sehingga, ia bisa diinstall di server maupun komputer dengan spesifikasi hardware yang tak terlalu tinggi.

-Software Melimpah – CentOS menyediakan aneka software yang bisa dipasang untuk menambah kelengkapan fiturnya.

-Dukungan Komunitas – Sejak awal diluncurkan hingga sekarang, CentOS didukung oleh komunitas yang aktif dan suportif. Mereka memastikan pengembangan CentOS selalu lancar, serta membantu pengguna yang mengalami kendala.

Kekurangan

-Tergantung dengan RHEL – Ketergantungan CentOS pada RHEL menimbulkan dampak negatif. Yaitu, mereka harus menunggu Red Hat merilis RHEL versi terbaru untuk bisa meluncurkan versi termutakhir dari CentOS.

-Mewarisi Kekurangan RHEL – Karena dibangun berdasarkan RHEL, maka CentOS bisa dibilang mewarisi semua karakteristik platform Linux yang bersangkutan, termasuk kekurangannya.

-Hampir Discontinue – Di tahun 2024 mendatang, semua versi CentOS akan dihentikan pengembangannya. Mau tak mau, Anda harus bermigrasi ke OS lain dengan fitur sama, seperti Rocky Linux yang merupakan penerus dari CentOS.

Daftar Pustaka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak