Trending

Android 12 (Snow Cone)

 


Pengertian

Android 12 adalah versi ke-19 dari Android, sistem operasi seluler dari Google, yang akan menjadi rilis utama ke-12. Android 12 pertama kali diperkenalkan pada 18 Februari 2021. Google mengumumkan preview pertama dari Android 12 melalui sebuah unggahan di Android Developers Blog pada hari yang sama. Saat itu, statusnya masih Developer Preview Tahap 1. Sekarang, Android 12 sudah memasuki tahap beta. Artinya, publik sudah dapat mencobanya. Dengan kata lain, dalam waktu dekat, Android 12 versi final akan segera dirilis.

Fitur-fitur

1. Material You

Salah satu perubahan terbesar dari Android 12 adalah desainnya. Desainnya yang kini disebut sebagai Material You. Desain ini pun tidak hanya tersedia untuk perangkat Android, namun akan terlihat di berbagai layanan Google lainnya.

Desain baru ini fokus terhadap warna dan kustomisasi yang memungkinkan kamu untuk memilih warna, kontras, ukuran elemen, lebar garis, dan sebagainya sesuai dengan keinginan kamu.

2. Tema Dinamis Berdasarkan Wallpaper
Pada dasarnya, OS akan mengambil warna dari wallpaper yang kamu sedang pakai dan menggunakannya untuk tema sistem. Warna ini diterapkan pada seluruh elemen seperti lockscreen, panel notifikasi, widget, dan bahkan aplikasi.

OS ini cenderung memakai warna yang muda dan pastel. Jika kamu tidak puas dengan warna yang dipilih oleh sistem, kamu juga dapat mengatur dan memilih warna yang kamu ingin pakai.

3. Desain Widget Baru
Pemilihan widget telah dirombak untuk memberikannya penampilan baru yang lebih enak dilihat. Widget baru dari Android 12 juga akan menyesuaikan warnanya sejalan dengan tema Material You.

Widget juga telah diberikan beberapa API baru untuk meningkatkan performanya, dan membantu para developer untuk memperbarui tampilan dan fungsinya. Kamu juga bisa mempersonalisasi widget yang kamu pakai agar terlihat lebih cocok di home screen.

4. Quick Settings
Panel Quick Settings juga telah dirombak oleh Android 12. Tombol-tombol yang kecil sekarang diganti oleh tombol persegi panjang yang lebih besar dengan sudut membulat.

Perubahan ini dilakukan untuk membuatnya lebih besar, lebih mudah dibaca, dan dapat menampung lebih banyak informasi.

5. Scrolling Screenshots
Zaman sekarang, mengambil screenshot satu layar terkadang tidak cukup. Pengguna seringkali perlu men-screenshot beberapa layar, alhasil menimbulkan banyak gambar di galeri.

Dengan Android 12, kamu tidak perlu lagi mengambil screenshot banyak-banyak untuk menyimpan daftar yang panjang. Saat menangkap, klik saja tombol Capture More untuk menangkap layar bergulir.

6. Peningkatan Auto-RotateSelama bertahun-tahun, auto-rotate ditentukan oleh sensor akselerometer ponsel. Sehingga, jika kamu memutar handphone, layarnya akan melakukan hal yang sama untuk menyesuaikan pandanganmu.

Android 12 kini memperkenalkan auto-rotate dengan deteksi wajah. Jadi, layar HP kamu akan mendeteksi wajah kamu dan berputar jika orientasi muka kamu berubah. Dengan demikian, layar tidak akan berputar jika kamu sedang berbaring miring.

7. Wi-Fi Sharing
Terkadang saat teman berkunjung ke rumahmu dan meminta kata sandi WiFi, kamu lupa kata sandinya.

Kini di Android 12, kamu bisa menggunakan fitur Nearby Share untuk mengirim kata sandi Wifi kamu secara otomatis ke ponsel orang lain. Kamu juga bisa membagikannya ke beberapa orang sekaligus.

8. One-handed Mode
Google telah menambahkan fitur one-handed mode atau mode satu tangan ke Android 12. Seperti namanya, fitur ini memudahkan kamu untuk menggunakan ponsel dengan satu tangan saja.

Sebelum menggunakannya, kamu perlu mengaktifkannya di Settings ==> System ==> Gestures dan aktifkan one-handed mode. Setelah itu, kamu tinggal swipe bagian tepi bawah layar ke bawah dan layar akan menyusut menjadi setengah.

9. Cara Baru Aktifkan Google Assistant
Sebelumnya, kamu perlu mengungkapkan “Ok, Google” untuk menyalakan Google Assistant.

Dengan Android 12, kini kamu bisa menekan tombol power dengan lama untuk meluncurkan Google Assistant.

10. Quick Tap
Seperti fitur Back Tap dari iOS, Google telah memperkenalkan fitur Quick Tap untuk Android 12. Dengan mengetuk bagian belakang ponsel dua kali, kamu bisa melakukan berbagai hal seperti membuka aplikasi tertentu, screenshot, membuka Google Assistant, dan lain-lain.

Kamu bisa mengaksesnya di Settings ==> System ==> Gestures. Google juga memungkinkan kamu untuk menyesuaikan sensitivitas ketukan yang diperlukan untuk mengaktifkan fitur ini.

11. Privacy Dashboard
Pada Android 12, ada dasbor privasi baru di mana kamu bisa melihat izin akses dari masing-masing aplikasi dan seberapa sering aplikasi tersebut menggunakannya.

Dengan fitur ini, kamu bisa memantau dan mencabut izin akses dari dasbor privasi ini. Dalam membagikan lokasi, kamu juga bisa memilih untuk membagikan perkiraan lokasi atau lokasi yang paling tepat dengan aplikasi tertentu.

12. Indikator Mikrofon dan Kamera
Berhubung dengan privasi, banyak dari aplikasi kita yang membutuhkan izin untuk mengakses mikrofon atau kamera. Dengan Android 12, sekarang ada indikator mikrofon atau kamera yang akan muncul di bagian kanan atas jika ada aplikasi yang sedang menggunakan atau menyalakannya. Ini merupakan fitur yang sangat berguna untuk memberi tahu apakah mikrofon atau kamera sedang aktif.

Daftar Pustaka


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak