Trending

Android 11.0 (Red Velvet Cake)

 


Pengertian

Android 11 secara internal dengan nama kode Android Red Velvet Cake adalah rilis utama kesebelas dan versi ke-18 Android, sistem operasi telepon genggam yang dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang dipimpin oleh Google. Sistem operasi ini dirilis pada 8 September 2020.

Ponsel pertama yang diluncurkan di Eropa dengan Android 11 adalah Vivo X51 5G dan setelah rilis stabil penuhnya, ponsel pertama di dunia yang hadir dengan Android 11 setelah Google Pixel adalah OnePlus 8T.

Pada bulan September 2021, 30.08% perangkat Android menjalankan Android 11 (API 30), menjadikannya versi Android yang paling banyak digunakan.

Fitur-fitur

1. Tombol “Power” Multifungsi

Fitur terbaru yang terlihat cukup mencolok adalah tombol power yang memiliki lebih banyak fungsi. Jika biasanya tombol power hanya berfungsi untuk menyalakan, mematikan, dan restart ponsel.

Kini, tersedia fitur kartu debit, Google Pay Credit, dan berbagai tombol untuk perangkat rumah pintar atau smart home devices.

Mematikan lampu, menyalakan TV, hingga menutup pintu kini dapat dilakukan dengan satu klik di perangkat berbasis Android 1. Namun, perlu diperhatikan bahwa peralatan rumah tersebut juga mendukung fitur ini.

Google tidak mengharuskan para produsen ponsel untuk menerapkan fitur ini, jadi kamu hanya akan melihat fitur power yang canggih di handset tertentu, seperti ponsel Google Pixel.

2. Kontrol Media yang Dinamis

Kontrol media masuk ke dalam pembaruan Android 11 yang terbaru, fitur ini sangat memudahkan pengguna saat mendengarkan lagu tanpa perlu membuka aplikasi.

Jika biasanya kontrol pemutar media masuk ke dalam bagian notifikasi, kini fitur terbaru Android 11 memindahkan pemutar media di bawah panel Quick Settings.

Scroll ke bawah dari atas layar untuk melihat pemutar media dan scroll lagi untuk melihat dalam ukuran penuh.

Selain itu, pengguna Android 11 dapat mengatur pemutaran video YouTube dan mengatur speaker yang akan dipakai dalam pemutaran lagu.

3. Perekam Layar Bawaan

Kabar gembira, akhirnya Google menambahkan fitur perekam layar bawaan untuk smartphone!

Pada awalnya, merekam layar hanya bisa dilakukan dengan menginstal aplikasi tambahan, kini bisa dilakukan dalam ponsel berbasis Android 11.

Untuk menemukan fitur ini, scroll ke bawah dan menemukan fitur screen recording. Merekam layar jadi lebih mudah dengan satu kali klik. Gambar dan kualitas audio juga jangan diragukan lagi karena hasilnya pasti jernih dan baik.

Selain merekam layar, kamu juga dapat merekam suara dan berbagai sentuhan layar.

4. Kontrol Notifikasi Jauh Lebih Baik

Biasanya notifikasi yang banyak dan cukup berantakan biasanya membuat kita malas untuk membacanya. Siapa sangka, kontrol notifikasi ini Android 11 jauh lebih baik dan membuat para pengguna ponsel merasa nyaman.

Android 11 dapat mengatur semua percakapan dari pesan teks dan aplikasi obrolan yang muncul di bagian masing-masing dan terpisah dari notifikasinya.

Kamu dapat mengizinkan percakapan muncul secara normal, mengaturnya agar menjadi prioritas bagian atas hingga menjadikan notif kontak tersebut menjadi “silent.”

Di mana hal itu akan menonaktifkan suara notifikasi dan membuatnya muncul di daftar bagian bawah.

5. Riwayat Pemberitahuan

Terkadang kita secara tidak sengaja menghapus seluruh pemberitahuan atau notifikasi yang muncul di ponsel karena merasa sudah membacanya atau tidak penting. Namun, siapa tahu kamu melewatkan informasi penting tetapi sudah hilang dalam notifikasi.

Android 11 menghadirkan fitur riwayat pemberitahuan yang memungkinkan kamu melihat semua pemberitahuan yang kamu hapus dalam 24 jam terakhir.

Fitur canggih yang satu ini sangat dibutuhkan oleh semua orang termasuk kamu yang memiliki jadwal harian cukup padat.

6. Pin Aplikasi Favorit di Share Page

Mencari aplikasi yang sering kamu buka dengan scroll menu setiap saat mungkin membuat kamu lelah saat membuka ponsel. Sekarang di Android 11, halaman share akan lebih mudah untuk digunakan.

Kamu dapat menyematkan aplikasi favorit ke bagian share. Aplikasi yang di-pin akan terdapat di bawah kontak yang akan dibagikan. Cara menyematkannya cukup mudah, ketuk dan tahan aplikasi dan pilih untuk pin aplikasi.  

7. Menghemat Baterai dengan Dark Mode

Berkat Android 10, kamu dapat mengaktifkan tema gelap atau dark mode secara manual untuk menghemat masa pakai baterai dan mengurangi stres pada mata di malam dan pagi hari selama beberapa waktu.

Pada Android 11, dark mode dapat dijadwalkan dengan menggunakan pengaturan untuk menghidupkan dan mematikannya saat matahari terbit/terbenam atau menjadwalkannya untuk waktu tertentu dalam sehari.

Kamu tidak perlu khawatir dengan mata silau apalagi minus mata yang akan bertambah.

8. Izin Aplikasi Lebih Ketat

Izin aplikasi menjadi lebih ketat di Android 11. Sekarang kamu dapat memberikan izin sementara hanya pada saat aplikasi sedang dibuka.

Setelah aplikasi ditutup, izin aplikasi dicabut. Namun, tidak perlu khawatir hal ini menjadi rumit karena kamu juga bisa memberikan izin aplikasi secara permanen.

Untuk mengaktifkan izin aplikasi yang terbaru, kamu bisa klik dan tahan icon aplikasi, pilih App Info (“i”), dan klik “Permissions.” Kemudian pilih “Remove Permissions if App isn’t used.”

9. Voice Access Lebih Canggih

Voice Access masuk ke dalam fitur aksesibilitas Android, fitur ini memungkinkan kamu untuk mengontrol ponsel hanya melalui perintah suara. Sistem operasi Android 11 akan memahami apa yang dikatakan oleh penggunanya.

Sebut nama aplikasi dan perintah yang kamu inginkan, sistem akan secara otomatis membuka aplikasi tersebut sesuai arahan. Kini, membuka aplikasi menjadi lebih mudah dan canggih tanpa perlu memerlukan waktu yang lama.

10. Saran Aplikasi (Khusus Google Pixel)

Saran aplikasi atau apps suggestions mengisi slot di bawah layar beranda dengan aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan. Fitur ini akan memudahkan kamu membuka aplikasi yang sering dibuka tanpa harus membuka menu.

Jika ingin menonaktifkan aplikasi acak yang sering dibuka, klik dan tahan bagian kosong di layar home dan pilih “Home Settings,” lalu ketuk “Suggestions” dan ubah opsi.1. Fitur Notifications Bubbles

11. Fitur Notifications Bubbles

Jika biasanya membuka chat hanya bisa dilakukan saat membuka aplikasi dan fitur notifikasi di atas layar. Kini, fitur notifications bubbles hadir untuk memudahkan kamu membuka percakapan kerabat dan keluarga.

Setiap chat dari aplikasi dapat di-minimize dengan bentuk bola kecil yang dapat dipindahkan ke mana saja dalam layar.

Bubble akan memiliki simbol jika chat tersebut sudah dibalas. Pada awalnya, fitur ini hanya ada di aplikasi Messenger namun sekarang sudah tersedia di Android 11.

Daftar Pustaka


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak