Trending

Debian

 

Pengertian

Debian adalah sistem operasi gratis berbasis kernel Linux yang mampu memenuhi kebutuhan penggunanya lewat puluhan ribu software di dalamnya. 

Sebagai catatan, sistem operasi adalah pusat untuk menjalankan seluruh program pada komputer ataupun server.

Sedangkan kernel, merupakan inti dari sistem operasi. Gunanya, untuk mengelola semua aplikasi pada perangkat keras komputer. Mulai dari manajemen memori, proses, hingga penyimpanannya.

Fungsi Debian

1. Sebagai Sistem Operasi Desktop

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, Debian bisa dijadikan sebagai sistem operasi desktop. Menggantikan Linux hingga Windows OS.

Pasalnya, Debian kompatibel di berbagai jenis hardware. Baik yang lawas hingga modern. Selain itu, tersedia puluhan ribu packages yang tidak dimiliki OS lainnya.

Misalnya, Microsoft Office tidak disediakan oleh Linux. Sehingga, bagi Anda yang kerja kantoran mungkin agak terkendala.

Namun, lain halnya dengan Debian. Pada sistem operasi ini, Anda bisa menginstal LibreOffice. Di sini tersedia tools untuk mengedit teks ataupun spreadsheet seperti Excel.

Alhasil, pekerjaan kantoran pun bisa Anda selesaikan dengan minim kendala.

2. Membangun Server

Keunikan Debian yaitu selain sebagai OS desktop, sistem operasi ini bisa untuk membangun server. Contoh server adalah web server, mail server, DNS server, dan sebagainya.

Apalagi, Debian tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang rumit. Anda bisa menginstalnya di PC 32-bit ataupun yang lebih tinggi. Selain itu, performa Debian juga tidak ecek-ecek.

Debian server rupanya mampu memberikan performa yang stabil, dengan tingkat keamanan yang ketat. Bahkan, setiap versinya bisa memakan waktu pengerjaan hingga dua sampai tiga tahun demi mendapat hasil yang mendekati sempurna.

Nah, itu dia fungsi debian. Pastinya, Anda makin tertarik mengenal sistem operasi ini lebih jauh, bukan? Kalau iya, mari tengok sejarah singkat Debian di bawah ini.

Kelebihan

-Performa stabil, ringan, dan cepat.
-Menyediakan puluhan ribu packages sesuai kebutuhan berbagai pengguna.
-Menyediakan tiga repository untuk Debian: versi stabil, testing, dan tidak stabil. Sehingga, pengguna bisa memakai versi yang sudah matang sekaligus mencoba rilisan terbaru.
-Mendukung berbagai arsitektur hardware sehingga bisa digunakan di sebagian besar komputer.
-Bisa digunakan secara luas, baik pada desktop, laptop, hingga server.
-Upgrade ke versi terbaru dengan mudah dan sederhana.
-Menyedikan dokumen instruksi yang lengkap dan detail.

Daftar Pustaka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak