Trending

Android 6.0 (Marsmallow)

 

Pengertian

Android 6.0 dan 6.0.1 "Marshmallow"adalah versi utama keenam dari sistem operasi Android dan versi ke 13 dari Android. Pertama kali dirilis sebagai versi beta pada 28 Mei 2015, secara resmi dirilis pada 5 Oktober 2015, dengan perangkat Nexus menjadi yang pertama menerima pembaruan.

Kelebihan


1. Fitur Android Pay


Kelebihan Android Marshmallow yang pertama adalah adanya fitur Android Pay. Ya, adanya fitur Android Pay memudahkan pengguna melakukan beragam transaksi secara digital. Di mana pada ponsel dengan sistem operasi Android Marshmallow sudah mendukung NFC untuk beragam jenis pembayaran digital. Adanya Android Pay juga memudahkan pengguna untuk melakukan pembelian dan pembayaran di ponsel termasuk membayar pembelian aplikasi.


2. Support Fingerprint


Kelebihan Android Marshmallow selanjutnya adalah sudah support fingerprint. Seperti diketahui fingerprint atau sidik jari memberikan kenyamanan dan keamanan lebih baik untuk perangkat kalian. Sebab dengan fingerprint atau sidik jari pengguna tidak perlu memasukkan password kunci ponsel mereka cukup dengan menempelkan jari pada pemindai sidik jari maka ponsel otomatis dapat terbuka. Sehingga sistem keamanan juga terbilang lebih baik dan aman dengan adanya fingerprint. Selain itu fingerprint bukan hanya berfungsi untuk keamanan perangkat melainkan juga dapat digunakan untuk mendukung pembayaran digital.


3. Adanya Fitur Doze


Kelebihan Android Marshmallow selanjutnya adalah adanya fitur doze. Fitur doze dapat membuat perangkat kalian lebih hemat penggunaan baterai. Sebab fitur ini dapat memperkecil penggunaan daya baterai meskipun ponsel dalam keadaan standby ataupun sleep. Di mana secara otomatis adanya fitur doze dapat mengenali perangkat yang tidak digunakan dan mencegahnya berjalan di latar belakang. Hal ini berbeda pada versi sebelumnya, sebab adanya fitur hemat pemakaian baterai yang lebih baik membuat masa pakai baterai terbilang awet.

4. Sudah Support USB-C


Kelebihan Android Marshmallow juga sudah support dengan USB-C. Seperti diketahui dengan menggunakan USB-C membuat maka pemindahan atau pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lainnya terbilang lebih cepat sehingga lebih hemat baterai. Begitu juga dengan pengisian daya baterai semakin cepat terisi jika dibandingkan USB biasa.

5. Adanya Fitur App Drawer


Fitur App Drawer memudahkan pengguna untuk mencari aplikasi yang sedang dibutuhkan. Caranya cukup mudah yakni dengan mencari aplikasi yang sedang dibutuhkan hanya dengan mengetik nama aplikasi pada bagian atas layar.

6. Adanya App Permissions


Kelebihan Android Marshmallow selanjutnya adalah adanya App permissions. App permissions memungkinkan pengguna dapat menyetujui atau mengizinkan setiap aplikasi dapat digunakan baik untuk kamera, video, audio, kontak dan seterusnya. Sebab sejumlah aplikasi biasanya memerlukan akses pada perangkat pribadi kalian. Sehingga dengan adanya app permissions perangkat kalian lebih aman dan kalian dapat mengontrol apa saja aplikasi yang sudah diizinkan untuk digunakan.

7. Dilengkapi Google Now


Kelebihan Android Marshmallow juga sudah dilengkapi dengan Google Now. Tentunya kalian pernah melihat fitur ini pada perangkat pribadi yang memungkinkan pengguna dapat melakukan beragam aktivitas termasuk mengakses informasi lewat google dengan memanfaatkan pesan suara. Ya, cara kerjanya tidak perlu membuat kalian harus mengetik kata kunci, melainkan kalian dapat menggunakan suara lalu mengucapkan kata kunci dengan hanya menekan tombol pada Google Now. Fitur ini biasanya otomatis terdapat pada layar ponsel kalian.

8. Adanya Fitur Auto Backup


Kelebihan Android Marshmallow lainnya adalah adanya fitur auto backup. Adanya fitur auto backup memudahkan kalian untuk menyimpan data, setting, ataupun aplikasi ke dalam google drive. Sehingga terbilang lebih aman dengan adanya fitur auto backup pada Android Marshmallow.

Kekurangan


1. Desain Tidak Terlalu Banyak Berubah


Kekurangan Android Marshmallow yang pertama adalah dari desainnya. Melansir dari headsem.com, desain Android Marshmallow diketahui tidak terlalu memiliki perbedaan dan perubahan. Sebab pada tampilan Android Marshmallow diketahui hampir sama dengan versi sebelumnya yakni Lollipop.


2. Update Lama


Kekurangan Android Marshmallow juga terletak pada update sistem operasinya yang dapat membutuhkan waktu lama. Akan tetapi masalah tersebut dapat terbantu dengan koneksi yang stabil. Sehingga penting untuk menjaga kestabilan jaringan internet agar membantu mengatasi masalah update yang mungkin membutuhkan waktu lama.

Daftar Pustaka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak