Trending

Android 7.0 (Nougat)

Pengertian

Android Nougat 7.0, 7.1, 7.1.1, 7.1.2 (Android 7) adalah pengganti dari Android Marshmallow, dan merupakan versi Android kedua terbaru yang telah dirilis. Versi ini diumumkan pada tanggal 1 Juli 2016, dan diluncurkan pada 23 Agustus 2016. Pada perilisan versi Android Nougat yang satu ini berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh google berbeda dalam mengambil alur pengembangan dari pada sistem operasi android yang sebelumnya. Ketika akan diluncurkan pihak google mengundang pengembang aplikasi android untuk melihat seperti apa Android N, sehingga pihak pengembang nantinya bisa mengetahui aplikasi seperti apa yang harus dibangun untuk bisa di pasang pada Android N. Jadi ketika dirilis namanya yaitu Android Nougat, pengembang sudah bisa meluncurkan aplikasi yang bisa di pasang di dalamnya. Selain itu pihak pengembang Android Nougat yaitu google juga tidak bertindak sendiri dalam memberikan nama untuk Android N, ketika itu google mengadakan sayembara untuk memberikan nama yang tepat bagi Android N, syarat utamanya adalah nama makanan yang menggunakan awalan huruf N. Hingga akhirnya ditentukanlah nama untuk android N yang paling tepat adalah Android Nougat sebagai sistem operasi penerus Marsmellow yang akan di pasang pada android keluaran terbaru.

Setidaknya anda akan melihat 250 fitur baru yang muncul pada sistem operasi Android Nougat, tentunya 250 fitur terbaru itu tidak akan anda lihat pada sistem operasi generasi sebelumnya seperti marsmellow ke bawah. Dengan adanya penambahan 250 fitur terbaru itu, anda akan mendapatkan pengalaman baru dalam mengoperasikan perangkat android anda, dan setidaknya anda akan menikmati apa saja hal yang tidak di temukan pada smartphone teman anda yang memiliki sistem operasi di bawah Android Nougat.

 Kelebihan

1. Multi Windows

Fitur Android Nougat yang cukup menarik adalah fitur multi windows, dengan fitur ini sobat komputer dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus sehingga mampu meningkatkan produktifitas sobat tentunya.

2. Daydream

Fitur Android Nougat yang satu ini menawarkan sensasi tersendiri untuk penggunanya, Daydream merupakan sebuah fitur virtual reality yang dikembangkan oleh Google. Jadi sobat tidak perlu memasang aplikasi lain untuk menikmati VR dari smartphone yang sobat punya.

3. Quicker Multi Tasking

Dengan adanya fitur Android Nougat ini, sobat komputer dapat dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang sedang sobat gunakan, sehingga dapat mempercepat pekerjaan yang sobat lakukan. Misalnya sobat ingin menyalin text dari aplikasi email ke aplikasi chrome, sobat tinggal melakukan double tab pada tombol “Recent-apps” kemudian pilih aplikasi Chrome yang sebelumnya telah sobat buka.

4. API Vulkan

Pada fitur Android Nougat yang satu ini, sobat akan menemukan sensasi berbeda dari sebelumnya. API Vulkan merupakan fitur OS Android 7.0 yang mempu menampilkan grafis 3D dengan performa tinggi, sehingga pengguna dapat merasakan tampilan yang hidup dan tajam.

5. Teknologi Svelte

Fitur Android Nougat terbaru yang cukup menarik adalah fitur Svelte, fitur ini merupakan sebuah teknologi terbaru yang ditawarkan oleh Android 7.0, dengan adanya fitur ini penggunaan RAM pada smartphone menjadi lebih hemat karena teknologi Svelte mampu memanipulasi data agar lebih ringan untuk diproses. Selain dapat menghemat penggunaan RAM, Svelte juga disinyalir mampu untuk menghemat penggunaan daya baterai.

6. Data Saver

Fitur yang dimiliki Android Nougat yang satu ini cukup membantu bagi pemilik smartphone untuk memanagement penggunaan data internet, sehingga memungkinkan kita untuk dapat menghematnya. Sobat komputer dapat mengaktifkan fitur Data Saver dan kemudian menonaktifkan penggunaan data internet yang digunakan oleh aplikasi – aplikasi yang berjalan di background tanpa menggunakan aplikasi pihak ke tiga.

7. Sleep Mode

Android 7.0 atau disebut juga dengan Android Nougat memiliki fitur penghematan daya yang lebih baik dari sebelumnya, sobat komputer dapat mengistirahatkan perangkat smartphone sobat apabila sedang tidak dipakai.

8. Security

Peningkatan fitur keamanan juga ditabahkan pada versi Android Nougat ini, dengan teknologi keamanan dan enkripsi terbaru, menjadikan data dan privasi pengguna selalu dalam kondisi aman.

Uraian diatas hanya beberapa dari fitur – fitur terbaru dari Android Nougat yang dapat sobat gunakan, masih ada beberapa fitur terbaru yang belum diulas seperti Live Boot, Kontrol Notifikasi terbaru, Setelan Cepat Khusus dan lain – lain, sobat komputer dapat mengeksplore sendiri fitur – fitur terbaru dari Android Nougat untuk lebih jelasnya.

Kekurangan

Dari beberapa referensi yang saya dapat, ternyata masih ada kekurangan yang dimiliki oleh Android Nougat diantaraya adalah harga smartphone yang relatif lebih mahal. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena spesifikasi smartphone yang dibutuhkah untuk dapat menjalankan sistem operasi Android ini harus lebih besar dibandingkan dengan smartphone – smartphone yang menggunakan sistem operasi Android versi sebelumnya. Selain harga smartphone yang lebih mahal, ukuran firmwarenya lumayan besar sehingga apabila kita memiliki smartphone dengan spesifikasi kecil, dijamin tidak dapat menggunakan sistem operasi Android 7.0 ini. Baterai Draining yaitu baterai yang cepat habis, artinya ini sangat bergantung pada pabrikan dalam menawarkan produknya, terutama pada kapasitas baterai yang ditawarkan, karena Android Nougat sangat menguras baterai, jika masih menggunakan kapasitas standar, maka bisa di pastikan akan cepat menguras daya baterai atau yang biasa disebut dengan baterai draining. Selain baterai draining, pada versi Android Nougat juga sulit untuk melakukan backup data, sama seperti sistem operasi sebelumnya, jika anda melakukan reset, maka anda harus mendownload ulang seluruh aplikasi yang anda inginkan. Juga jika anda menggunakan Android Nougat anda tidak bisa melakukan downgrade atau turun ke versi yang sebelumnya, jadi anda hanya bisa ke versi teratas.

Daftar Pustaka

-Android Nougat - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

-Pengertian Android Nougat Beserta Kelebihan dan Kekurangannya (nesabamedia.com)

-Fitur Android 7.0 Nougat Serta Kelebihan dan Kekurangannya (utopicomputers.com)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak