Trending

Android 8.0 (Oreo)

 

Pengertian

Android Oreo (kode nama Android O selama pengembangan) adalah versi kedelapan dari sistem operasi Android mobile. Ini pertama kali dirilis sebagai preview pengembang ala kualitas pada tanggal 21 Maret 2017. Pratinjau pengembang kedua dirilis pada 17 Mei 2017, dan ini dianggap sebagai kualitas beta dan preview pengembang ketiga dirilis pada tanggal 8 Juni 2017 dan menyelesaikan API. Pada 24 Juli 2017, pratinjau pengembang keempat dirilis yang mencakup perilaku sistem akhir dan perbaikan bug dan pengoptimalan terbaru. Ini dirilis ke publik pada tanggal 21 Agustus 2017. Google meluncurkan sebuah patung pembaruan bertema pencuci mulut di 14th Street Park di Manhattan, dekat dengan pabrik Nabisco asli yang menciptakan Oreo pertama.

Versi Android 8.0 Terbaru Resmi Dipanggil Oreo

peresmian nama Android Oreo juga bertepatan dengan terjadinya Gerhana Matahari Total pada hari Senin (21 Agustus 2017) malam di wilayah Amerika. Sebelumnya tak hanya Oreo yang menjadi kandidat untuk nama Android 8.0. Beberapa laporan ada yang mengatakan jika kemungkinan nama Android 8.0 bisa menjadi “Oatmeal Cookie”, “Orange Julius”, “Orange Sherbert”, bahkan “Octopus”. Namun dari semua itu, biskuit manis Oreo yang akhirnya dipilih oleh Google.

Fitur-Fitur

Background Limit


Background Limit merupakan fitur Android Oreo yang mampu membatasi aplikasi – aplikasi yang berjalan di background, sehingga aplikasi – aplikasi yang jarang digunakan akan dinonaktifkan. Dengan adanya fitur ini penggunaan daya baterai pada Smartphone menjadi lebih hemat.

AutoFill


Kelebihan Android Oreo berikutnya adalah adanya fitur AutoFill, dengan adanya fitur Android Oreo yang satu ini sobat komputer dapat melakukan login ke akun media sosial tanpa perlu mengetikan user ID dan password, sehingga dapat mempermudah sobat untuk login ke akun media sosial yang sobat miliki. Selain kemudahan fitur AutoFill juga menawarkan keamanan yang cukup baik.

Picture in Picture


Kecanggihan Android Oreo juga dibuktikan dengan adanya fitur Picture in Picture, fitur Android Oreo yang satu ini dapat sobat gunakan untuk menonton video sambil membuka aplikasi lainnya, sehingga sobat dapat melakukan pekerjaan sambil menonton video tentunya.

Android Instant Apps


Fitur Android 8.0 Oreo terbaru berikutnya adalah fitur Android Instant Apps, dengan fitur ini sobat komputer dapat mencoba aplikasi baru tanpa menginstall terlebih dahulu pada perangkat smartphone sobat. Sobat hanya perlu membuka aplikasi browser dan mencoba aplikasi – aplikasi baru pada browser tersebut.

Snooze Notification Application


Kecanggihan Android Oreo juga dapat sobat rasakan pada fitur notifikasi yang dikenal dengan Snooze Notification Application. Dengan adanya fitur di Android Oreo ini sobat komputer dapat melakukan penundaan pemberitahuan mulai 15 menit, 30 menit hingga 1 jam sehingga apabila sobat tidak merasa terganggu dengan pemberitahuan pada Smartphone ketika dalam keadaan sibuk akan tetapi juga tidak ketinggalan dengan pemberitahuan penting.

NAN ( Neighborhood Aware Networking )


Berhubungan dengan koneksi Wifi, Android Oreo menawarkan teknologi yang bernama Neighborhood Aware Networking. Fitur Android Oreo yang satu ini menawarkan kecapatan transfer yang cukup tinggi dan kemudahan dalam menggunaannya.

Google Play Protect


Kelebihan Android Oreo berikutnya ada pada layanan Google Play Protect, fitur ini menawarkan keamanan yang lebih baik dan mampu untuk menghapus aplikasi – aplikasi yang membahayakan perangkat smartphone sobat. Sobat juga dapat melihat aplikasi – aplikasi yang tergolong aman untuk digunakan sebelum mendownload dan memasangnya pada perangkat smartphone sobat.

Smart Text Selection


Fitur Android Oreo yang satu ini menawarkan kemudahan untuk penggunanya, sobat dapat melakukan copy paste text jauh lebih mudah tanpa perlu memblok kata perkata. Smartphone akan otomatis mendeteksi frasa yang sobat ketikan dan kemudian perangkat akan segera memblok otomatis, tinggal sobat melakukan copy paste.

Notification Dots


Kecanggihan Android Oreo juga dapat ditemukan pada fitur notifikasi, fitur Notification Dots dapat membantu sobat komputer untuk menandai notifikasi yang belum sempat sobat baca, sehingga sobat tidak perlu kawatir ketinggalan hal – hal penting yang belum sobat ketahui.

Codec Audio Bluetooth High-quality


Bagi pengguna smartphone yang suka mendengarkan musik tanpa menggunakan jack dan kabel audio, fitur Android Oreo terbaru ini menjadi kabar menarik yang perlu sobat ketahui. Codec Audio Bluetooth High-quality merupakan fitur dukungan Bluetooth Audio yang menawarkan kualitas audio yang cukup bagus, sehingga sobat komputer dapat mendengarkan musik dengan sangat jernih walaupun menggunakan perangkat Bluetooth Audio.

Daftar Pustaka

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak