Trending

Astro 1.0 (Alpha)


 

Pengertian

Sistem operasi ini bisa dibilang sebagai Android bayi yang masih sangat sederhana. Pengguna diajak beradaptasi dengan peradaban baru dalam menjajal sebuah perangkat telekomunikasi mobile. Jika hari ini kita terbiasa menggulir layar ke bawah untuk melihat notifikasi, perlu diketahui bahwa asal-muasalnya dari Android 1.0 ini. Sebab, di versi inilah Google untuk pertama kalinya memperkenalkan mekanisme pengecekan notifikasi yang kerap diistilahkan pull-down notification tersebut. Selain notifikasi, dua komponen pada Android 1.0 yang masih digunakan hingga kini adalah widget aplikasi, serta toko aplikasi Google Play Store yang kala itu masih bertajuk "Market". Sistem operasi ini juga menyatukan layanan Gmail. Dua aplikasi tersebut, Gmail dan Market, menjadi layanan bawaan paling purba yang dipatrikan Google pada Android 1.0.

Sejarah


Versi pertama android dirilis 23 September 2008. awalnya versi ini akan dinamai astro namun karena hak cipta penamaan, pihak android tidak menggunakan nama ini secara komersil. Versi android 1.0 sempat disematkan pada ponsel jenis HTC dream.

Kelebihan

Versi Android 1.0 Alpha ini pertama kali dirilis pada September 2008 dan tidak ditujukan untuk kebutuhan komersial. Walaupun belum dirilis secara komersial, versi Android ini telah dilengkapi fitur dukungan akses web browser, streaming youtube, pemutar media, google map, dan sinkronisasi dengan aplikasi google lainnya.

Kekurangan

Saya tidak menemukan sumber yang secara spesifik membahas kekurangan Android 1.0 Alpha. Namun, beberapa kekurangan umum dari sistem operasi Android yang mungkin juga berlaku untuk Android 1.0 Alpha adalah sebagai berikut:

-Kerja sistemnya berat, sehingga memakan RAM cukup banyak.
-Modifikasi bisa menyebabkan sistem operasi kurang responsif.
-Tidak sefleksibel platform lain.
-Sistem operasi Android tidak intuitif dan membutuhkan banyak penyesuaian, sehingga sulit bagi pengguna baru untuk menguasainya.
-Android memiliki beragam aplikasi dengan fitur dan kemampuan yang berbeda.

Namun, perlu diingat bahwa kekurangan-kekurangan tersebut mungkin tidak berlaku untuk Android 1.0 Alpha karena versi ini tidak ditujukan untuk kebutuhan komersial.

Kesimpulan

Android 1.0 Alpha adalah versi awal dari sistem operasi android yang dirancang oleh Google dengan basis kernel Linux untuk mendukung kinerja perangkat elektronik layar sentuh, seperti tablet atau smartphone. Android bersifat open source atau bebas digunakan, dimodifikasi, diperbaiki dan didistribusikan oleh para pembuat ataupun pengembang perangkat lunak. Dengan sifat open source perusahaan teknologi bebas menggunakan OS ini diperangkatnya tanpa lisensi alias gratis. Begitupun dengan para pembuat aplikasi, mereka bebas membuat aplikasi dengan kode-kode sumber yang dikeluarkan google. Dengan seperti itu android memiliki jutaan support aplikasi gratis/berbayar yang dapat diunduh melalui google play.

Daftar Pustaka 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak