Trending

Pyhton

 

Pengertian Python

Pengertian Python (bahasa pemrograman) merupakan bahasa pemrograman tinggi yang bisa melakukan eksekusi sejumlah instruksi multi guna secara langsung (interpretatif) dengan metode Object Oriented Programming dan juga menggunakan semantik dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax. Sebagai bahasa pemrograman tinggi, python dapat dipelajari dengan mudah karena telah dilengkapi dengan manajemen memori otomatis.

Sejarah Pyhton

Siapa yang tidak mengenal Bahasa Pemrograman Python, yang mana Python merupakan bahasa pemrograman paling mudah untuk dipahami. Bahasa Pemrograman Python ini dibuat dan dikembangkan oleh seorang programmer asal Belanda bernama Guido Van Rossum di Belanda pada awal tahun 1990-an. Pembuatan bahasa pemrograman python sebenarnya terinspirasi dari bahasa Pemrograman ABC.

Tahun 1995, Guido Van Rossum mengembangkan Python supaya lebih akseptabel saat beliau berada di Corporation for National Research Initiative, Virginia Amerika.  Selain itu Guido juga merilis beberapa bentuk / versi dari python.

Kemudian pada tahun 2000, Guido melakukan pembaharuan versi Python sehingga pada saat ini Python memiliki 3 versi yang berbeda, dimana semua versi python yang dirilis bersifat Open Source. Di tahun 2001, terbentuklah Organisasi Python yaitu Python Software Foundation (PSF) yang merupakan organisasi non profit yang khusus dibuat untuk berbagai hal yang berkaitan dengan hak intelektual dari Python.

Nama “Python” diambil dari sebuah grup komedi Inggris bernama Monty Python, dimana Guido adalah penggemar dari grup tersebut.

Kelebihan

-Python bisa dengan mudah dipelajari bahkan untuk pengembang pemula. Kodenya mudah dibaca dan bisa menjalankan banyak fungsi kompleks dengan mudah, karena banyaknya standard library.
-Pengembangan program bisa dilakukan dengan cepat dan juga menggunakankode yang lebih sedikit. Bahkan tim kecil bisa menangani bahasa Python secara efektif.
-Bersifat Object Oriented Programming.
-Mendukung Multi Platform & Multi System
-Memungkinkan membuat program dengan skala yang paling rumit dengan mudah.
-Sejumlah besar library atau pustaka tersedia untuk Python.
-Konstruksi ketika aplikasi berjalan
-Mempunyai sistem pengelolaan memory yang otomatis, garbage collection, layaknya Java

Kekurangan

-Terlalu Lambat
-Python terbilang buruk dalam pengembangan platform mobile (Android/IOS)
-Python bukanlah menjadi pilihan yang baik untuk tugas-tugas intensif memori.
-Hampir mustahil untuk membuat game 3 dimensi grafis tinggi menggunakan Python.
-Mempunyai keterbatasan dengan akses basis data.
-Python tidak baik jika diperuntukan dalam pekerjaan multi-prosesor / multi-core.

Contoh Program Sederhana Python

1. Membuat Program Hello World

Hello World adalah program pertama yang selalu menjadi contoh dalam membuat bahasa pemrograman pertama kali. Setiap bahasa pemrograman memiliki standarisasi sendiri dalam penulisan sintaksnya. Pada Python, untuk menampilkan tulisan “Hello World” menggunakan perintah Print, dengan sintaks sebagai berikut: print(‘Hello World!’) Berikut ini hasilnya bila sudah dijalankan:

Kesimpulan

Python adalah bahasa pemrograman yang powerful, mudah dipelajari, dapat dikolaborasikan dengan bahasa pemrograman lain, dan juga gratis.

Daftar Pustaka :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak